Kamis, 14 Januari 2010

Pedulikah Masyarakat Jakarta Terhadap Lingkungannya ?

hay all,

Disini saya akan mengangkat tema tentang lingkungan masyarakat Jakarta. Kota yang memiliki keanekaragaman masyarakat terkomplit atau terlengkap mungkin di Indonesia, memang Jakarta memiliki daya tarik yang sangat kuat untuk para masyarakat di daerah. Karena dijakartalah tempat mereka menacri peruntungan, apakah suskse atau semakin terpuruk.

Oleh karena itu ditengah pendatang-pendatang yang terus berdatangan di lingkungan kota Jakarta ini keadaan dan lingkungan kota Jakarta menjadi tidak terkandali. Ditambah kurangnya kesadaran para masyarakat yang tinggal dilingkungan Jakarta. Tetapi dibalik itu telah banyak penanggulangan-penanggulanag untuk menyelaraskan kehidupan lingkungan di kota Jakarta.

Inilah Cerminan Kota Jakarta

Pertama saya akan membahas tentang pencemaran yang terjadi di lingkungan kota Jakarta. Seperti :

Sungai yang Kotor

Sungai yang kotor disebabkan oleh kurang sadarnya masyarakat atas lingkunganya sendiri. Padahal dampak yang akan timbul akan merugikan dirinya sendiri. Salah satu pencemaran sungai yang ditimbulkan membuang sampah disungai, mendirikian bangunan dibantaran sungai dan ditambah tidak adanya kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungannya.

Sampah yang Menggunung

Lihat di gambar ini merupakan salah satu ketidak sadaran akan kebersihan, dimana masyarakat menumpuk sampah-sampah rumahtangganya ditempat yang seharusnya dilarang. Apakah masyarakat kita kurang berpendidikan untuk membaca. Disitu jelas tertulis dilarang buang sampah sembarangan, tetapi buktinya,,???!!!

Polusi Kendaraan Bermotor

Jelas di Jakarta sudah sangat terkenal akan polusi udaranya, karena di kota Metropolis ini sangat banayak sekali kendaraan bermotor yang berlalu-lalang di jalanan ibukota. Hamper setiap hari,, 24jam nonstop jalanan ibukota tidak pernah sepi dari kendaraan. Ini merupakan persentase terbesar dalam penyumbang polusi udara di Jakarta. Bagaimana tidak, sekarang hampir setiap orang di Jakarta memiliki kendaraan bermotor. Jika satu kepala punya satu kendaraan berapa banyak kendaraan yang berada di jalanan Jakarta, dan berapa banyak juga polusi yang dihasilkan dari kendaraan tersebut.

Polusi Pabrik

Pabrik juga menjadi kendala utama dalam pencemaran udara, inilah contoh pabrik yang terdapat di tengan ibukota. Walaupun polusi yang ditimbulkan tidak sehebat yang ditimbulkan kendaraan bermotor , tetapi ini juga merupakan penyumbang tercemarnya polusi di kota Jakarta.

Limbah Pabrik

Inilah limbah pabrik yang menurut saya sangat tidak semestinya ada di kali-kali ini. Karena pabrik tak semistinya seenaknya membuang limbahnya kesungai di sekitar pabrik itu. Hal seperti itu akan menimbulkan tercemarnya air di sungai pembuangan tersebut. Padahal sungai tersebut harusnya dapat di manfaatkan oleh warga untuk segala kebutuhan. Alangkah baiknya pemilik atau pengelola pabrik memikirkan jalan keluar dari masalah yang ditimbulkan ini agar lingkungan sekitar pabrik terjaga dan masyarakat tidak akan mengeluhkan adanya pabrik itu.


Akibat

Selanjutnya inilah akibat-akibat yang telah terjadi dari keadaan lingkungan Jakarta saat ini.

Banjir

Masalah yang timbul setiap tahun menjelang musim hujan di Jakarta. Hal itu bagaikan sebuah tradisi di kota Jakarta ini. Semstinya hal seperti itu tidak perlu terjadi jika seluruh masyarakatnya menyadari akan lingkungan, apalagi katanya Jakarta merupakan kota besar, ibukota Negara, masyarakatnya moderen tetapi masa lingkunganya tidak dapat dijaga dan dirawat, apalagi masyaraktnya, apakah modern itu memiliki artian keren, apakah daerah yang kotor dan kumuh keren? Harusnya masyarakat Jakarta memiliki sedikit wawasn yang lebih dari pada di daerah dan tau akibat yang terjadi dari semua yang kita lakukan nantinya.

Polusi Udara

Seperti yang sudah kita jelaskan dari dampak yang akan dihasilkan dari segala sesuatu yang dilakukan masyarakat Jakarta yang berhubungan tentang asap, seperti kendaraan bermotor, pabrik, dll. Kita akan mengalami ketidaknyamanan dalam beraktifitas, udara yang kotor, menyebabkan banyak penyakit yang akan hinggap didirikita. Apakah kita tidak ingin melihat seperti dahulu langit yang biru, udara segar. Membuat kita lebih nyaman dalam beraktifitas dan membangkitkan rasa kreatiitas karena kenyamana tersebut.

Kesan Jakarta

Hal-hal yang kita lakukan dan timbulkan diataslah yang membuat kota Jakarta terkesan sangat kotor dan kumuh dimata orang luar Jakarta. Orang datang ke Jakarta hanya berfikiran untuk mencari penghasilan, tetapi bukan datang keJakarta untuk merasakan kenyamanan, keindahan, bahkan kemegahan kota Jakarta. Bagaimana Jakarta bisa membangkitkan pariwisatanya jika cap seperti itu sudah ditanam oleh setiap orang yang mengenal kota Jakarta.


Disini merupakan respon dari masyarakat kota Jakarta terhadap lingkunganya.

Disini dibagi menjadi 2 bagian, yaitu :

Masyarakat yang Tidak Peduli

Mereka hanya mempedulikan gimana besok mereka bisa menghasilkan uang, bukan gimana besok kita bisa mendapat kenyamana untuk mencari nafkah. Inilah yang membuat kota ini menjadi kota besar yang kumuh. Kita bisa lihat warga seenaknya mendirikan bangungan di bantaran sungai yang semestinya ia tidak punya hak atas bangunan yang ia buat. Disini otomatis bantaran sungai menjadi sempit dan salah satu penimbul banjir. Selain itu kitad sadaran mereka untuk membuang sampah, mereka seenaknya membuang sampah kesunagi. Terkesan sungai itu bagaikan tempat sampah yang sangat efesien. Apakah pikiran masyarakat Jakarta sependek itu. Ini bukti lain:

kepedulian

Solusi untuk menangulangi ini semua adalah kepedeluin kita sebagai masyarakat dan dibantu pemerintah untuk mendanainya agar tercipta kota yang indah dan nyaman. Kepedulian kita dapat kita tunjukan dengan membuang sampah pada tempatnya, yang saya kira sudah banyak di kota Jakarta


Taman

Memelihara taman yang telah disediakan, disini peran masyarakat dan pemerintah sangat berperan. Dimana pemerintah yang harus membuat banyak taman agar terlihat asri dan kita sebagai masyarakat harus memelihara dan memeanfaatkan taman-taman tersebut

Taman ini sangat berperan besar dalam penangulanagn masalah polusi dijakarta. Jadi logikanya jika semakin banyak kendaraan di Jakarta, seharusnya semakin banyak juga taman yang ada di Jakarta. Sekarang pertanyaanya apakah di Jakarta masih ada lahan untuk membuat taman-taman seperti ini??!!.


Uji Emisi

Selain taman cara terefektif untuk menanggulangi polusi udara adalah dengan kita memelihara kendaraan kita masing-masing agar tidakmenimbulkan terlalu banyak polusi, salah satu caranya adalah dengan melakukan uji emisi pada kendaraan bermotor kita.


Car Free Day

Taukah anda tentang car free day?? Jika tidak tahu berarti kalian bukanlah masyarakat Jakarta yang gaul gitu deh..hehehe.. Karena car free day adalah hari anti kendaraan bermotor di Jakarta yang dilakukan setian minggu keempat akhir bulan. Nah kegiatan ini merupakan hal yang paling keren menurut saya. Karena dijalan kita bisa merasakan jalanan tanpa asap kendaraan dan kita bisa merasakan kesegaran udara. Andai Jakarta bisa melakukan itu tidak hanya satu kali setiap bulan. Jakarta akan terlihat lebih mantap..dan bagi yang berpartisipasi gw bilang u semua top dah..hehe..


Pengerukan Sampah

Pengerekuan sampah adalah solusi untuk mengurangi sampah yang terdapat disungai akibat ulah masyarakat. Hal ini akan meminimalisai terjadinya banjir. Tetapi tetep saja jika selalu dikeruk tapi orang yang membuang sampah di sungai tetap berlanjut, sama aja boonk.. karena orang yang membuang jauh lebih banayak dari pada mesin untuk mengeruknya. Ayolah kita sadara, bukan hanya untuk melihat Jakarta yang indah. Tetapi setidaknya kita bisa menghargai pekerja yang membersihkan sampah tersebut.


Banjir Kanal

Hal ini merupakan solusi penjegah banjir di Jakarta yang dilakukan oleh pemerintah Jakarta. Hal seperti ini semestinya harus kita dukung, karena ini merupakan upaya penangulangan dari masalah yang kerap terjadi di Jakarta.


Pentup

Saya rasa hanya ini yang dapat saya tulis disini jika ada kekurangan mohon dimaafkan, jika ingin saling sering dipersilahkan, karena saya disini juga belajar dan kita saling membagi informasi. Atas kehadiran di blog saya, saya sangat berterimakasih…silahkan untuk bersering….!!!