Selasa, 25 Januari 2011

Dampak Euphoria Piala AFF Terhadap Perekonomian Indonesia Dalam Bidang Informatika

Perkembangan Bisnis Kaos Timnas Paiala AFF


Sejak ajang perebutan Piala AAF 2010 digelar, penjualan kaos tim nasional Indonesia melonjak 100 persen. Bahkan, jelang final antara kesebelasan Indonesia melawan Malaysia, jersey kebanggaan masyarakat Indonesia itu masuk daftar tunggu (waiting list).

"Kami sudah memesan kaos tersebut, namun hingga saat ini masih belum ada kabar dari gudang," kata Indri, asisten PIC toko Nike di Plasa Senayan kepada VIVAnews.com di Jakarta.

Menurut Indri, pemesanan pertama dengan stok kaos 78 buah sudah habis terjual kurang dari sepekan. Meski pihak Nike sudah memesan kaos 100 buah lagi, yang datang hanya 40 buah dan hanya sehari habis terjual.

Saat semifinal melawan Filipina, Indri mengakui, kaos timnas langsung ludes dalam waktu setengah jam saja.

Sementara itu, toko Nike di Senayan City juga kehabisan stok kaos timnas Indonesia. "Kaos timnas laku banget, melonjak hampir 100 persen. Hingga kini sudah empat kali datang dan habis terus," kata Akbar, asisten kepala toko Nike di Senayan City, Jakarta.

Menurut pantauan VIVAnews.com, banyak konsumen yang datang ke toko Nike yang kecewa karena tidak mendapatkan kaos timnas Indonesia. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang sudah memesan. "Banyak nama dalam waiting list kami," kata Akbar.

Namun, dia pesimistis dapat memenuhi permintaan konsumen. Karena, yang akan datang diperkirakan hanya lima buah kaos dengan ukuran besar.

Sejak pertama kali dijual sepekan sebelum ajang Piala AFF digelar pada 1 Desember 2010, stok kaos timnas di toko Nike, Senayan City mencapai 80-90 buah sudah habis terjual dalam waktu 10 hari. Stok kedua, datang 60-70 buah kaos habis dalam waktu tiga hari.

Selanjutnya, stok yang datang di bawah 30 buah kaos laku hanya sehari. Kemudian, masuk 20 buah kaos lagi dan habis terjual tiga hari sebelum laga semifinal Indonesia melawan Filipina.

Dari penjelasan tersebut Piala AFF sangat berpengaruh sekali dalam perekonomian di Indonesia, dalam bidang informatika berepengaruh dengan banyaknya penjualan Online kaos-kaos TIMNAS asli mupun replica dengan proses ready stock maupun preorder. Dimanapun mereka memanfaatkan euphoria Piala AFF dengan mengiklankan daganganya, seperti FaceBook (FB), Twitter, Blog, dan lain-lain



Sumber :

http://bisnis.vivanews.com/news/read/195123-jelang-final--pemesanan-kaos-timnas-melonjak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar